Life Story and Animation Process for Hellomotion

sebagai penghiass karena gak ada gambarnya.

Halo Friends.

Sekarang aku mau share tentang proses pembuatan animasi untuk diikutikan lomba animasi yang diselenggarakan oleh hellomotion (http://www.hellomotion.com/hfmovie12/ikutan). lomba ini sudah ada beberapa tahun lalu mungkin sejak aku masih mahasiswa. dari saat itu sebenernya ingin sekali ikut, tapi apa daya belum ada niat, bakat, dan keseriusan yang memadai. sebenarnya 2 tahun lalu aku sudah coba ikut ajang ini sih tapi karena pengetahuan yang terbatas hasilnya flop. bahkan tidak perlu menunggu pengumuman kalau mau tahu hasilnya gagal sebenarnya. coba cek saja animasinya



you know what i mean kan ? ? ? ?



recently, aku beranikan diri untuk banting setir dan mencoba menjalani mimpi sebagai animator yang sudah aku idamkan. Jadi, mungkin sudah terhitung 6 bulan semenjak aku sudah resign dari pekerjaanku sebagai guru. sebenarnya beban juga setiap ditanya murid cita2 guru apa?, saya selalu menjawab jadi animator. di sisi lain sebagai guru aku selalu memotivasi mereka untuk menggapai cita-citanya. aneh kan ???. jadi, aku ambil jalan ini untuk membuktikan pada murid2ku bahwa kalian bisa menggapai cita-cita kalian. 

tapi, kalian tahu mendapatkan pekerjaan di bidang kreatif akhir-akhir ini sangat susah. apalagi bagi orang seperti aku, seorang lulusan FISIP yang tidak memiliki background pendidikan seni sama sekali. dan lagi belum banyak karya yang aku hasilkan sebagai portfolio (bahkan tidak ada sama sekali untuk bidang animasi). tapi tetap saja aku ngotot untuk melamar di berbagai perusahaan sebagai illustrator dan animator. Kalut, sudah pasti pria umur 26 tahun masih saja pengangguran luntang lantung tidak memiliki pekerjaan. sebenarnya sempat ingin menyerah dan mencoba kembali bekerja seperti sediakala dan itupun tidak mudah. dan aku pikir kehidupan semakin susah seiring bertambahnya usia. 

-end of sesi curhat-

sekarang kembali ke masalah animasi, jadi aku sudah melihat pengumuman lomba ini semenjak bulan desember tahun 2017disana tertulis deadlinenya maret 31 2018 (setelah dicek lagi ternyat mei). kebiasaan buruk aku adalah selalu mengerjakan semuanya dalam waktu mepet. dan aku tahu hal tersebut pasti tidak berdampak baik pada hasil karyaku. oleh karena itu dimulai dari bulan januari untuk membuat animasi yang akan diikut sertakan dalam lomba hellomotion. 

dengan tekat yang kuat aku mencoba untuk menarik seluruh kemungkinan ide cerita yang bisa aku tuangkan dalam bentuk animasi. oh ya dalam kompetisi hellomotion ini terdapat 2 jenis kompetisi animasi yaitu short animation film dan "8 detik pas". bedanya kalau short animasi itu sekitar 3-6 menit kalau" 8 detik pas" itu harus pas 8 detik animasinya jadi kayak oneliner di standup comedy. 

aku membagi proses dari animasi yang aku buat jadi beberapa bagian :

1. Ide

intinya mencari ide sebanyak mungkin untuk dianimasikan

2. Script

dalam penulisan skrip ini didahului dengan deskripsi singkat satu paragraf yang menjelaskan inti dari ceritnya, dalam skrip yang aku tulis juga aku sertakan sound effect dan visual effect bahkan illustrasi untuk nantinya sebagai acuan. kareana ide yang datang kalau gak ditulis kadang suka lupa

3. Refrensi 

Aku mencari banyak refrensi untuk memnemukan art style, animation style, color script dan pose yang nantinya sesuai dengan animasi yang aku buat. (sebenarnya masih problematic antara refrensi sama art thief. yang tahu bedanya komen ya . . . )

4. Character Design

Membuat desain karakter yang akan dibuat, sebenarnya ini part yang sangat menyenangkan soalnya bisa explore beragam desain karakter yang bisa dibuat dan disesuaikan dengan art style serta animation style

5. Storyboard

di storyboard ini untuk menentukan layout  dari animasi, ini proses cukup sulit, soalnya dari dulu aku paling susah untuk buat komposisi layout yang baik. untuk storyboard ini aku buat dua, pertama thumbnail jadi ukurangnya kecil-kecil, terus aku buat yang lebih besar.

6. Animatic dan Keyframe

dari hasil gambar storyboard disusun menjadi animatic dan selanjutnya dirubah menjadi main keyframe. sebenarnya aku juga gak tahu sih prosesnya seperti apa seharusnya. tapi ini transisi dari software gambar ke software animasi

7. Background

Menggambar Sejumlah Background yang diperlukan dalam animasi. untuk background sebenarnya ada dua jenis backgroun stay still sama animated. karena baru pertama kali aku memutuskan untuk backgroundnya stay still. dan juga supaya lebih fokus ke animasi karakternya. dibanyak animasi juga kelihatnnya seperti itu kalau background bukan bagian dari inti cerita kebanyakan stay stull background. background animasi malah lebih banyak di game bukan di produksi animasi. 

8. Voice over

setelah aku amati dari video2 di utube, ada perbedaan antara anime sama cartoon saat dubbing voice over, biasanya kalau cartoon sebelum inbeetween langsung voice over oleh voice actornya jadi pas inbeetween bisa langsung dicocokan. tapi kalau di anime voice over dilakukan oleh animator atau directornya dulu terus setelah selesai semua baru didubbing lagi sama voice actornya, dan karena di animasi yang aku buat aku yang isi suara jadi gak ada bedanya.

9. In Beetween

setelah itu aku buat inbeetween dari main keyframe yang sudah jadi. supaya pergerakan lebih smooth.
 
10. Shadow Separation dan Effects

setelah selesai aku buat garis yang memisahkan antara main color dan bayangannya. ini lebih gampang ketika sudah selesai, urutannya lebih gampang pakai straight ahead animation bukan pose-by-pose. sama untuk effect kayak cipratan asap dll lebih gampang kalau pakai straight ahead animation. ref : by toniko 

11. Coloring

terimakasih pada paint bucket yang menemani saya melakukan proses ini. 

 12. Compositing

Proses terakhir penggabungan animasi, background, voice over dan dipercantik dengan sfx dan vfx.

dan finish

wew ternyata panjang juga wkwkwk. 

for the next update, aku bakal cerita mengenai ide-ide apa saja yang akan aku buat untuk cerita ini. so stay tune friends. 

Komentar